navigasi

Sabtu, 24 September 2016

Perkembangan Peserta Didik

IDENTIFIKASI DAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN INTELEKTUAL PESERTA DIDIK

1.  Identifikasi Kemampuan Intelektual dan Kognitif Peserta Didik 
Secara  umum  cara  identifikasi  sudah  dibahas  pada  Bahan  Bacaan Identifikasi  Potensi  Peserta  Didik.  Untuk  mengetahui  tahap  perkembangan kognitif  operasional  konkret  menurut  teori  Piaget,  guru  dapat melaksanakan diantaranya adalah sebagai berikut ini

a.  Tes untuk mengetahui kemampuan konservasi  
Contoh untuk mengetahui kemampuan  konservasi (untuk peserta didik kelas awal):  berikan  dua  bola  dari  tanah  liat  atau  lilin  yang  memiliki  jumlah  yang sama.  Salah  satu  bola  itu  dipipihkan  menjadi  bentuk  yang  panjang,  lalu berikan pertanyaan mana yang paling banyak tanah liatnya atau lilinnya. Anak yang  berusia  7  atau  8  delapan  tahun  ,  kemungkinan  besar  akn  menjawab bahwa jumlah lempung dalam  kedua bentuk itu sama. (Santrock, 2010:53) 

b.  Tes untuk mengetahui kemampuan klasifikasi  
Untuk  mengetahui  kemampuan  klasifikasi,  contohnya  berikan  tes  pohon keluarga  dari empat generasi,  A mempunyai anak dua  orang yaitu  B dan C, B dan C mempunyai anak masing-masing dua orang (D-E, F-G, I-J), J mempunyai anak  dua  orang  yaitu  K-L.  Untuk  anak  yang  sudah  berada  pada  tahap 
operasional  konkret  akan  mampu  menjawab  bahwa  J  adalah  cucu  A  dan sekaligus ayah dari K-L.

c.  Identifikasi kemampuan logis 
Anak  diberikan  tiga  batang  lidi  yang  berbeda  panjangnya  (A,  B,  C,  )  Lidi  A paling panjang, lidi B panjangnya menengah, dan lidi C paling pendek.  Peserta didik  yang  berada  pada  tahap  perkembangan  operasional  konkret  dapat memahami A>B, dan B>C, maka A>C (Santrock, 2010:54)

2. Implikasi terhadap Pembelajaran  
Guru  seyogyanya  membantu  peserta  didik  mencapai  tugas  perkembangan kematangan  intelektual  atau  mengoptimalkan prestasi belajarnya sesuai dengan tingkat kecerdasannya. Berikut adalah yang bisa dilakukan guru. 
a.  Identifikasi  kemampuan  intelektual  peserta  didik,  sehingga  memahami perbedaan individual peserta didik dalam kemampuan intelektual. 
b.  Pahami  tingkat  perkembangan  kognitif  peserta  didik.  Sangat  mungkin ditemukan  peserta  didik  kelas  awal  yang  tingkat  perkembangan  kognitifnya masih berada pada tahap preoperasional. 

c.  Ciptakan  iklim  pembelajaran  yang  kondusif  atau  sesuai  bagi  perkembangan kemampuan intelektual dan kognitif  peserta didik secara  optimal,  yaitu  iklim yang  demokratis,  hangat,  ada  rasa  aman  dan  bebas  dari  ketegangan,  menyenangkan , serta yang mendorong untuk bersaing dengan dirinya sendiri dan membantu peserta didik. 

d.  Rancang pembelajaran yang sesuai dengan keragaman kecerdasan dan tingkat perkembangan  berpikir  peserta  didik.  Menurut  Santrock  (2010:61)  strategi  pembelajaran  untuk  mengembangkan  kemampuan  berpikir  (teori  Piaget) antara lain: 
1) gunakan  pendekatan  konstruktivisme,  anak-anak  akan  belajar  lebih  baik, mereka aktif dan mencari solusi. 
2) rancang situasi yang membuat anak belajar dan dengan bertindak (learning by doing) 
3) jadikan  ruang  kelas  menjadi  ruang  eksplorasi  dan  penemuan  sehingga dapat membuat kesimpulan sendiri.  
4) belajarkan anak dengan memperhatikan pengetahuan dan pemikiran anak. 

e.  libatkan  anak  dalam  tugas  operasional  yang  meliputi  penambahan, 
pengurangan,  pembagian,  pengurutan,  pembalikan  dengan  menggunakan 
benda-benda konkret dan disesuaikan dengan pengalaman kehidupannya. 
f.  buat aktivitas untuk :  
1) berlatih konsep pengurutan hierarki, misal dengan mengurutkan dari yang 
terkecil ke yang terbesar dan kebalikannya. 
2) kerja kelompok dan berdiskusi.  
3) memancing rasa ingin tahu atau bertanya.  
4) beri semua peserta didik pengalaman keberhasilan dalam pembelajaran  
konsep  diri  yang  positif  dan  memiliki  sikap  positif    terhadap  pelajaran. 
Peserta  didik  harus  dibimbing  dan  dibantu  agar  menguasai  kompetensi 
yang diharapkan dan berprestasi sesuai dengan potensinya.   
5) peserta  didik  mendapat  pertanyaan  sesuai  dengan  kemampuan 
intelektualnya.  Misalnya  berikan  pertanyaan  yang  mudah  pada  peserta 
didik yang kemampuannya kurang. 
g.  untuk  pembelajaran  materi  yang  agak  kompleks  gunakan  alat  bantu  visual 
dan alat peraga. 
h.  terima  peserta  didik  apa  adanya  (unconditional  positive  regard  acceptance) 
dan  berempati  kepada  peserta  didik  yang  memiliki  kemampuan  intelektual 
kurang memadai  
3.  Contoh Kasus dan Alternatif Solusi 
Kerjakanlah  kasus  di  kelas  yang  diasuh  Bu  Khalila  berikut,  identifikasi 
masalahnya,  dan  usulkan  alternatif  tindakan  untuk  membimbing  anak  tersebut 
Bekerjalah dalam kelompok dan presentasikan hasilnya. 
Bu  Khalila  sedang  merencanakan  program  untuk  membantu  beberapa  peserta 
didik  asuhannya  yang  bermasalah  dalam  mencapai  KKM.  Pencapaian  KKM 
untuk  sebagian  besar  muatan  pelajaran  diperoleh  melalui  bantuan  remedial. 
Penyelesaian  tugas-tugas  di  kelas  hampir  selalu  paling  akhir  dan  dengan 
bantuan  guru  atau  teman.  IQ  dari  anak-anak  ini  berkisar  pada  rentang  normal 
bawah.  Yang  menggembirakan  peserta  didik  menunjukkan  semangat  yang 
tinggi  untuk  belajar  dan  tidak mudah  menyerah  saat  belum memahami  materi, 
melaksanakan tugas, atau melihat teman-temannya sudah menyelesaikan tugas. 
Mereka  juga  berani  bertanya  saat  belum  memahami  materi  yang  dijelaskan. 
Karakteristik peserta didik tersebut menggembirakan dan membuat Bu Khalila 
sangat memperhatikan mereka. 

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan Bu Khalila. 
a.  Dari  ciri-cirinya  peserta  didik  Bu  Khalila  yang  sedang  ditangani  termasuk 
kategori lambat belajar (slow learner): 1) pencapaian KKM untuk sebagian 
besar  muatan  pelajaran  diperoleh  melalui  bantuan  remedial,  2) 
penyelesaian  tugas-tugas  hampir  selalu  paling  akhir  dan  dengan  bantuan 
guru atau teman, 3) IQ berkisar pada rentang normal bawah . 
b.  Saat  perencanaan:  secara  umum  lakukan  seperti  dijelaskan  pada  Bahan 
Bacaan  Identifikasi  Keragaman Karakteristik Peserta Didik,  ditambah 
dengan: 1) mendalami konsep dan cara membantu pebelajar  lambat 
c.  Saat  pembelajaran:  1)  melakukan  pengamatan  berbagai  respon,  proses, 
dan  hasil  peserta  didik  dalam  melaksanakan  berbagai  tugas;  2) 
menganalisis  data  yang  diperoleh,  mengelompokkan  tipe  materi 
berdasarkan  kesulitan  setiap  peserta  didik  menyelesaikan  tugas  sehingga 
lebih  mudah  menentukan  bentuk  dan    intensitas  bantuan  yang  diberikan; 
3)  memotivasi  untuk  untuk  giat  belajar,  tidak  mudah  menyerah  dalam 
belajar,  berani  bertanya  jika  ada  yang  tidak  dipahami;  4)  menggunakan 
sistem  bintang  untuk  semua  pencapaian  peserta  didik  pada  banyak 
kegiatan/tugas,  untuk  membangun  kepercayaan  diri  bahwa  jika  mau 
belajar, dan bekerja keras semua tugas bisa diselesaikan; 5) menggunakan 
metode  pembelajaran  yang  variatif  agar  kondusif  dalam  membantu 
pembelajar lambat; 6) memberi tugas dengan tema dan memberikan tema 
yang  sesuai  dengan  kecerdasan  peserta  didik,  mis.  pembelajar  lambat 
mendapat  tugas  yang  sedikit  lebih  mudah  sedangkan  pembelajar  cepat 
lebih  sulit;  7)  menempatkan  tempat  duduk  di  dekat  peserta  didik  yang 
peduli dan dapat membantu dalam menyelesaikan tugas; 8) menggunakan 
sistem  tutor  sebaya,  setiap  orang  dapat  menjadi  tutor  sebaya  pada materi 
yang  menjadi  kekuatannya,  tutor  sebaya  dalam  bentuk  tim  agar  yang 
berkemampuan  kurang  bisa  terbantu  oleh  yang  berkemampuan  lebih 
namun  tetap  mendapat  kesempatan  menjadi  tutor  untuk  meningkatkan 
kepercayaan  diri;  guru  memberi  perhatian  lebih  dalam  bentuk  dukungan 
yang  lebih  intensif  untuk  mengerjakan  tugas;  8)  saat  pembelajaran 
berbasis  proyek,  kelompokkan  mereka  dengan  peserta  didik  yang  peduli
dan dapat membantu, jika memungkinkan arahkan isu yang diangkat pada 
materi yang tidak akan terlalu menyulitkan pembelajar lambat.  
d.  Di  luar  pembelajaran:  1)  memberi  pembelajaran  tambahan  untuk  materi 
yang  belum  dipahami  dan  tidak  bisa  diselesaikan  saat  pembelajaran  di 
kelas;  2)  jika  diperlukan  dan  memungkinkan  memberi  langkah  –langkah 
kegiatan  yang  dapat  dilakukan  anak  di    rumah  untuk  berlatih  dan 
menguatkan pemahaman;  
e.  Bekerja  sama  dengan  orangtua:  1)  memfasilitasi  orangtua  cara 
mendampingi putera/i nya agar lebih mudah belajar dan tetap giat belajar; 
2)  agar  memperhatikan  dan  memfasilitasi  perkembangan  kemampuan 
intelektual  putera/i mereka; 3)  bertukar informasi terkait perkembangan 
kemampuan  intelektual  peserta  didik  sehingga  jika  ada  kesulitan  bisa 
segera  ditangani  bersama;  4)  menginformasikan  perkembangan 
kecerdasan  lain  (kecerdasasan  majemuk)  yang  dimiliki  pebelajar  lambat 
agar  orangtua  lebih  memperhatikan/menghargai  kelebihan  putera/i 
mereka daripada keterbatasannya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar