navigasi

Minggu, 11 Desember 2016

Kuis Kreatif Bahasa Indonsia


Pada tulisan kali ini saya akan membahas kuis kreatif bahasa indonesia di Sekolah Dasar. Dalam menjalakan KBM guru seringali dtuntut untuk mengajar dengan berbagai variasi dan kreasi, ini saya berikan beberapa contoh permainan serta kuis dipelajaran Bahasa Indonesia, sobat guru dapat mengembangkan sendiri dengan materi yang lebih luas. Berikut contoh Kuis kreatif.

1. Mengubah Satu Huruf
PERINTAH :
Jawablah pertanyaan di bawah ini pada kotak yang berada di sampingnya. Ingatlah, jawaban itu harus mengubah satu huruf dari kata yang ada di atasnya.

P
A
S
I
R
Kerikil yang halus sekali
K
A
S
I
R
Tempat pembayaran di toko
K
A
S
U
R
Alas tidur
K
A
S
A
R
Lawan kata halus
P
A
S
A
R
Tempat jual beli
P
A
G
A
R
Yang membatasi halaman rumah
P
U
G
A
R
Memperbaiki kembali sebuah bangunan
P
U
T
A
R
Berjalan berkeliling
P
U
D
A
R
Suram, pucat warnanya
P
U
S
A
R
Cekungan di tengah-tengah perut
P
U
S
A
T
Tempat yang terletak di bagian tengah
P
E
S
A
T
Maju sekali
K
E
S
A
T
Tidak licin
K
E
S
A
L
Jengkel
K
E
B
A
L
Tahan penyakit
K
E
B
A
B
Makanan khas Turki
R
E
B
A
B
Alat musik gesek dari Jawa
S
E
B
A
B
Karena


Buatlah komposisi sepuluh atau lebih kata ke bawah dengan cara mengubah satu huruf dari kata yang ada di atasnya!

R
U
M
A
H
              
R
A
M
A
H

R
A
M
A
I

D
A
M
A
I

























































M
A
K
A
N































































































2. Siapakah Saya
Pertanyaan :
Siapakah saya? Tebaklah saya berdasarkan keterangan di bawah ini.

a. Sebagai pemain sepak bola saya dikenal dengan tendangan bebas saya yang keras dan akurat. Kalau kamu ingat saya, pernah lo saya menciptakan gol dari tengah lapangan di kompetisi liga Inggris. Saya juga mampu memberi umpan silang yang akurat buat teman-teman saya yang mau mencetak gol. Di tim nasional Inggris saya pernah dipilih menjadi kapten tim. Oya, kamu kenal kan grup Spice Girls? Nah, istri saya adalah anggota Spice Girls. Siapakah saya?

b. Saya seorang artis cilik. Saya bisa menyanyi, bermain musik, dan tari balet. Saya juga pernah main film layar lebar. Di film itu saya berperan sebagai anak baru di sekolah dan dimusuhi oleh sekelompok anak nakal. Sebagai penyanyi, lagu saya yang terkenal adalah Kembali ke Sekolah. Siapakah saya?

3. Melanjutkan suku kata
Buatlah kata sebanyak mungkin dengan cara melanjutkan suku kata berikut ini MENJADI KATA.
a. Ban .... (bapak)
b. Bun .... (ibu)

4. Membentuk kata dari huruf yang ada
Buatlah kata sebanyak-banyaknya berdasarkan huruf yang ada pada kata berikut ini.
a. Pelatihan      : PEL, APEL (ibu)
b. Penataran     : ANTARA, NANAR (bapak)
 
c. Surabaya  (bapak)
d. Surakarta (ibu)

5. Membuat kalimat berdasar pola tertentu
Buatlah sebanyak mungkin kalimat terdiri tiga kata yang   dimulai dari:
     a. S – d : Saya datang.
                    Sudah dua?
                    Sabar, dong!
                    Sulit dibaca.
                    Sebaiknya dicoba!
     b. S – m – p :  Siswa Perempuan
     c. S -  m – s : Siswa Laki-laki
         K – t– s – p : Kita tidak siap perubahan?
                       
Buatlah kalimat sebanyak-banyaknya, minimal terdiri 4 kata yang semua katanya di awali dengan huruf:

  1. K untuk Bapak
  2. S untuk Ibu

6. Menuliskan manfaat lain suatu alat
      Sebutkan manfaat / kegunaan lain :
  1. sapu ijuk, selain untuk menyapu!
  2. topi baja, selain untuk pelindung kepala!
c. pensil, selain untuk menulis.
d. kertas koran, selain untuk dibaca.


7. Mengarang berdasarkan pengandaian
     a. Andaikan saja di Indonesia hujan salju, apa yang akan terjadi?
     b. Andaikan saja di Indonesia tidak ada korupsi, apa yang akan terjadi?
8. Menulis Puisi
    Buatlah puisi yang diawali dengan kata:
a.       Bunda ........
b.      Ayah .........
c.       Tuhanku .....
d.      Kekasihku .......

9. Mengarang Cerita
      Buatlah cerita dengan kalimat pembuka :

  1. Malam itu terasa dingin dan mencekam.
  2.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar